Pokok
Pembahasan 1
Teknologi
Game
Game/permainan adalah
sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti
“hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan
intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan
ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa
waktu lalu istilah “game” yang dalam bahasa Indonesia adalah “permainan”
identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat
menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran,
kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan
sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang
terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Saat
ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game
berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para
pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat.
Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau
sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat
intelektual para penggunanya.
Ada
2 cara yang dapat digunakan dalam membuat game, yaitu :
1. Dengan membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game (umumnya professional game developer yang menggunakan cara ini).
2. Dengan menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
1. Dengan membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game (umumnya professional game developer yang menggunakan cara ini).
2. Dengan menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
Bisnis dalam Game Komputer
Bisnis
dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi
canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam
komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah
tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun
berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita
mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya
memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang
bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering
kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang
mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita
hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi
bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang
lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama
untuk bermain.
Game/permainan
adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game
berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai
“kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa
diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang
ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu,
merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa
waktu lalu istilah “game” yang dalam bahasa Indonesia adalah “permainan”
identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat
menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran,
kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan
sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang
terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Saat
ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game
berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para
pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat.
Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau
sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat
intelektual para penggunanya.
Pokok
Pembahasan 2
Desain Skenario, Script , dan Storyboard Game
Komputer
Dasar untuk membuat game
adalah design documents. Kalau skenario menentukan interior dan
eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain
dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan
musik. Konsep seharusnya berguna untuk memberikan gambaran garis besar
tentang cerita, prinsip-prinsip mekanisme game, dan titik berat untuk gameplay.
Karena itu konsep mencakup prinsip-prinsip dasar, gaya game, kerangka
peraturan, sinopsis cerita (kalau ada cerita), karakteristik game, contoh misi,
atau situasi-situasi dalam game dan bisa juga diferensiasi perangkat pengguna
atau ada eek-efek khusus serta akhirnya unsur-unsur spesifik yang menjadi
andalan pencipta. Dalam penutup sinopsis seharusnya dicantumkan daftar unsur
yang unik dan orisinil serta faktor-faktor yang bisa dijadikan daya jual tinggi
bagi judul tersebut. Konsepnya biasanya ditulis setebal 5-10 halaman. Kalau
konsep sudah diterima, artinya sudah disetujui produser, dinilai positif oleh
tim dan sebagainya, desainer game mulai menulis dengan documents.
Storyboard adalah sketsa
gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita
dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena
kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji,
sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.Storyboard pada
Game sedikit berbeda dari storyboard animasi, dimana pada storyboard game
terdapat goal / mission yang akan dibuat pada game itu sendiri. Kemudian
storyboard pada game menjelakaskan tentang alur permaianan itu sendiri seperti
apa tergantung dari jenis game. misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki
alur cerita namun game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi
storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi
mungkin.
Pokok
Pembahasan 3
Artificial Intelligence pada Game
A. Decision Making
Decision Making adalah
serangkaian algoritma yang dirancang dengan memasukan beberapa kemungkinan
langkah yang bisa diambil oleh suatu aplikasi, Pada game ini decision
makingmemberikan kemampuan suatu karakter untuk menentukan langkah apa yang
akan diambil. Decision making dilakukan dengan cara menentukan satu pilihan dari
list yang sudah dibuat pada algoritma yang dirancang. Decision Making dibagi
menjadi 3 :
- Decision
Tree
Pohon Keputusan (Decision Tree) merupakan
metode klasifikasi dan prediksi yang sangat kuat dan terkenal. Metode pohon
keputusan mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang
merepresentasikan aturan. Aturan dapat dengan mudah dipahami dengan bahasa
alami.
- State Machine
Finite State Machines (FSM) adalah sebuah
metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau
prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan),
Event (kejadian) dan action (aksi).
- Rule
System
Rule Based System merupakan metode
pengambilan keputusan berdasarkan pada aturan-aturan tertentu yang telah
ditetapkan. RBS dapat diterapkan pada agen virtual dalam bentuk kecerdasan
buatan sehingga dapat melakukan tindakan tertentu.
B. Path Finding
Metode pathfinding paling
mudahditemui pada game-game bertipe strategi dimana kita menunjuk satu tokoh
untuk digerakkan ke lokasi tertentu dengan mengklik lokasi yang hendak dituju.
Si tokoh akan segera bergerak ke arah yang ditentukan, dan secara “cerdas”
dapat menemukan jalur terpendek ataupun menghindari dari rintangan-rintangan
yang ada. Salah satu algoritma pathfindin yang cukup umum dan yang paling
banyak digunakan utnuk mencari jarak terpendek secara efisien adalah algoritma
A* (baca: A star). Secara umum, algoritma A* adalah mendefinisikan area pencarian
menjadi sekumpulan node-node (tiles).
Pokok
Pembahasan 4
Arsitektur Game Engine
Game
Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan
pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk
bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti
Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D
atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara,
script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading,
dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering
dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk
menciptakan permainan yang berbeda.
Tipe Game Engine
Game
engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai
kemampuan pemrograman. Ada 3 tipe game engine yang ada saat ini, diantaranya :
·
Roll – your – own – Game Engine
Banyak
perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine-nya
sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat
game engine mereka sendiri.
·
Mostly-ready game engines
Engine
ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada
developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model,
texture dan lain-lain.
·
Point – and – click Engine
Engine
ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user
friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine
seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D.
Beberapa Contoh Game
Engine Open Source :
3D Game Studio, Delta
3D, Unreal Engine, Panda 3D, Torque, Quake Engine dll.
Pokok
Pembahasan 5
Interaksi
Fisik dalam Teknologi Game
A.
Efek Fisik dalam Game
Game – game yang melibatkan
aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola dsb, yang mengharuskan
anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai tema video game
yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut tidaklah perlu
mengeluarkan kocek yang dalam.
Efek fisik dalam game ada 2, yaitu positif
dan negatif :
- Efek positif dalam game antara lain :
- Setiap game memiliki tingkat kesulitan/Level yang
berbeda.
- Meningkatkan konsentrasi.
- Meningkatkan koordinasi tangan dan mata.
- Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.
- Kecanduan. Seperti yang disebutkan pada awal tulisan
ini, kebahagiaan dan kesenangan yang dirasakan para gamer pada saat
memainkan game.
- Membatasi Hubungan Sosial..
- Mengganggu Kesehatan.
B.
Collison Detection
Algoritma untuk mendeteksi
collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game. Flash mulai versi 5
ke atas menyediakan method yang bernama hitTest untuk memeriksa apakah sebuah
movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. Sebelum method hitTest ini
tersedia, seorang programmer Flash harus mendeteksi secara manual koordinat
sebuah movie clip, apakah movie clip ini bertabrakan dengan movie clip lain.
Cara ini sangat merepotkan karena harus mempertimbangkan pula ukuran movie
clipnya.
Pokok
Pembahasan 6
User
Interface pada Game Komputer
Antarmuka
(Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan
sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface) berfungsi
untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES),
menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara
berurutan sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan
terhadap suatu sistem.
Desain
user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan
unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya,
atau player. Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game
mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.
Pokok
Pembahasan 7
Penampilan Grafik Scene Game Komputer
Pengertian
Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer. Bagaimana
sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga user
menikmati game tersebut.
Biasanya
pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut
tidak berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki
beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan sebagainya yang
dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya
gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara
horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori
grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game
lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Game
bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
·
3 Dimensi object/model
Iini
merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama,
bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan
bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS
Max, Maya, Hash, dan Blender.
·
2 Dimensi graphic
Gambar
2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object,
sebagai latar belakang seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran
untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
Pokok
Pembahasan 8
Game Berjaringan
Game Online atau sering disebut Online Games
adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik
LAN maupun Internet). Sebuah game online adalah permainan video yang dimainkan
selama beberapa bentuk jaringan komputer , menggunakan komputer pribadi atau
konsol video game.
Perkembangan game online sendiri tidak lepas
juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu
sendiri. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa
dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan
kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa
lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer
Games). Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya
jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai
menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Pokok
Pembahasan 9
Pembuatan Game Komputer dengan Menerapkan
Konsep Artifial Intelligent pada Sebuah Game Engine
Kecerdasan
Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur
dalam konteks ilmiah atauIntelegensi Artifisial (Artificial Intelligence atau
hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem
seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke
dalam suatu mesin komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang
dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan
buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy,
jaringan syaraf tiruan dan robotika. Banyak hal yang kelihatannya sulit
untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah.
Contoh
media interaksi ialah:
·
Penglihatan (vision)·
·
Suara (voice).
·
Ucapan (speech)·
·
Gerakan anggota badan ( gesture)
Sumber :
http://andriyanaade.blogspot.co.id/2015/04/teknologi-game-dan-bisnis-game-dalam.html
https://raflyjuninton93.wordpress.com/2015/05/06/arsitektur-game-engine/
http://hendrawansaputra1994.blogspot.co.id/2015/04/user-interface-pada-game.html
http://hamdani-s.blogspot.co.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
http://hilmanzuhdie.blogspot.co.id/2015/06/pembuatan-game-komputer-dengan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar