Translator

Kamis, 27 Oktober 2016

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO)

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat SEO. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahan bila kita jalankan. Seperti Blackhat SEO yang melakukan tindakan berbahaya dengan tujuan mempercepat peringkat sebuah website di pencarian Search Engine. Whitehat SEO merupakan tindakan natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah website. Greyhat SEO merupakan perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk meningkatkan peringkat website. SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization" atau Optimisasi Mesin Pencari. 



Sejarah SEO

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui metatag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.


Ilmu SEO


Bermacam-macam cara atau teknik SEO yang dapat dilakukan, dari Teknik Optimisasi OnPage atau Offpage, serta analisa website lawan dan website yang akan di Optimisasikan. Pada kesempatan selanjutnya saya akan posting mengenai Pengertian SEO On Page dan Off Page. Teknik SEO bukan ilmu yang bisa kita dapatkan di jenjang pendidikan formal. Teknik SEO harus dipelajari secara otodidak (dipraktekan) dan berkelanjutan (update teknik terbaru), dan perubahan yang terjadi di profesi SEO sesuai dengan aturan-aturan terbaru yang ditetapkan oleh Google (Google Panda Algorithm, Google Penguin Algorithm, Google Hummingbird Algorithm, dll). Banyak website yang memberikan informasi terbaru mengenai teknik terkini mengenai SEO. Lebih disarankan bagi Junior SEO untuk mengikuti perkembangan SEO yang pasti dari Blog Google atau dari Blog SEO ternama, dikarenakan Google melakukan minor update algorithm sekitar 500 kali setahun dan 3-4 kali untuk major updates. Mengapa belajar SEO dengan Google yang menjadi patokannya? karena Google mempunyai market pengguna lebih dari 90% dibandingkan Search Engine lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex di Indonesia. Google menguasai hampir mayoritas mesin pencarian di seluruh dunia kecuali China. Dimana dengan mengakusisi banyak website dan OS seperti Android, pastinya mesin pencari Google tetap akan digunakan sebagai Search Engine yang utama.



Etika dan Legalitas


Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah webmaster dan praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang memanfaatkan cara kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat pertama hasil pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan beberapa teknik ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, dan scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian. Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan. Beberapa perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan larangan tersebut menerima penalti yang serius karena perbuatan ilegal mereka. 

Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan objektif, di mana yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet.

Teknik SEO

Cara melakukan SEO terbagi menjadi dua macam cara, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO on page adalah optimasi seo yang dikakukan didalam sebuah blog, sedangkan seo off page adalah optimisasi seo yang dilakukan di luar halaman sebuah blog. Kedua melakukan otimisasi seo tersebut akan saya bahas di lain waktu karena jika saya jelaskan semuanya disini postingan saya kali ini akan menjadi panjang, karena kedua cara tersebut mencakup informasi yang sangat luas.

SEO On Page

Optimasi SEO Onpage adalah optimasi yang dilakukan pada bagian-bagian sebuah halaman website. Ini bisa dilihat langsung oleh pengunjung. Berbeda dengan Optimasi SEO Offpage, optimasi ini tidak dapat dilihat sepenuhnya oleh pengunjung. Jadi untuk onpage SEO ini meliputi beberapa hal... Saya yakin ada lebih dari yang saya tulis disini, tapi sementara ini anda cukup mengerti ini dulu, dan saya yakin dibawah ini adalah 80% dari semuanya.
·         Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
·         Emphasize (Seperti memberi Bold, Italic, Underline, dan lain-lain).
·         Image alt tag
·         Outbound link
·         Konten
·         URL

SEO Off Page

SEO Off-Page itu terdiri dari :
·         Backlink
Jadi, backlink ini ada seni nya tersendiri juga, ada hal Anchor text (teks jangkar). Semakin banyak anchor text yang mengarah ke blog anda, maka blog anda akan mudah menguasai kata kunci dengan teks tersebut. Mungkin anda masih bingung dengan pernyataan saya diatas... Contohnya, jika ada 2 artikel dengan kata kunci yang sama, yang pertama mendapat 1000 anchor text dan yang kedua mendapat 2000 anchor text. Maka artikel yang kedua mungkin akan mendapat posisi yang lebih baik dari yang pertama.
·         Promosi blog
·         Social buzz

Kelebihan SEO

  • Banjir traffik. Kalau situs web anda berhasil nangkring di urutan pertama, atau minimal masuk halaman pertama, situs web anda berpeluang besar mendapatkan limpahan traffik.
  • Biaya minimal. Tapi tetap perlu kerja dan waktu yang lumayan. Karenanya saya bilang SEO itu tidak gratis!
  • Mudah dipantau. Bisa dimonitor hasil dan perkembangannya lewat berbagai cara.
  • Software. Tersedia banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang anda lakukan.
  • Cepat terkenal. Makin sering situs web anda berada di urutan atas search engine, makin banyak orang yang mengenal web anda.
  • Layanan SEO. Kalau anda sukses meng-SEO-kan situs web anda, anda bisa ikut jalankan layanan jasa SEO.
  • Tidak harus anda sendiri. Untuk melakukan SEO, tidak harus anda sendiri yang melakukannya. Anda bisa cari orang atau gunakan jasa SEO untuk meng-SEO-kan situs web anda

Kekurangan SEO


  • Boros waktu. Kalau anda lakukan sendiri, jelas perlu waktu dan tenaga ekstra. Karena SEO perlu dijalankan dan dimonitor setiap hari.
  • Tergantung search engine. Mengandalkan SEO berarti perkembangan situs web sangat tergantung search engine. Kalau posisi situs web anda kena “gempa bumi” alias tidak stabil posisinya di search engine, langsung penghasilan bisnis internet melorot.
  • Banyak hal teknis. Kalau anda lakukan SEO sendiri, anda perlu banyak belajar hal teknis jika ingin berhasil.
  • Ikuti perkembangan. Algoritma search engine terus berubah. Anda harus ikuti perkembangannya. Termasuk juga aturannya.
  • Kompetisi sangat tinggi. Karena semua web melakukan SEO, maka kompetisinya tinggi. Tapi jangan takut, salah satu cara mengatasinya adalah melakukan blue ocean SEO.

Tujuan Dasar SEO


Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau ranking yaitu meningkatkan ranking situs web atau halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). Mohon diingat bahwa tujuan dasar ini diturunkan dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Inggris. Pencapaian ranking terbaik diupayakan dengan jalan membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang relevan, unik, dan berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan halaman-halaman web Anda dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan (link) yang berkualitas juga dari situs-situs web luar yang relavan, unik namun dalam bidang yang sama (relevan) dengan situs web Anda, berasal dari halaman yang kontekstual, dan berkualitas.




Tujuan Utama SEO


Sedangkan tujuan SEO yang utama, yang kita bisa lihat dan tangkap dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Indonesia, adalah terkait dengan trafik, yaitu berfokus untuk meningkatkan trafik. Dan ini adalah efek netto atau tujuan yang akan tercapai manakala tujuan dasar SEO (meningkatkan ranking) sudah tercapai.

Tujuan SEO yang utama adalah berikut ini:
1.      Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
o    Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 – 3 di SERP).
2.      Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda
o    Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda).
3.      Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan



Sebagaimana Anda dipahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, maka ketiga tujuan utama SEO di atas akan mudah segera dicapai. Jika tujuan SEO Anda tercapai, dari tujuan dasar dan tujuan utama ini, maka dapat dipastikan akan banyak trafik tertarget menuju situs web atau halaman web yang Anda optimisasi untuk mesin pencari. Semakin banyak trafik tertarget, maka potensi tercapainya objektif atau tujuan akhir dari situs Anda akan semakin tinggi.


Sumber:

http://semseomanagement.com/apa-itu-seo/
https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari/
http://gustavsri.blogspot.co.id/2015/11/seo-search-engine-optimization.html/
http://www.seogereggi.com/2015/01/pengertian-seo-search-engine-optimization.html/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar