Pemrograman
Jaringan “ Membangun
Aplikasi Client-Server Sederhana"
Listing Program "simpleServer.java"
Logika
Program "simpleServer.java"
Program
ini berfungsi sebagai server. Untuk bisa menggunakan method yang
berhubungan dengan jaringan (network), maka library untuk network di-import
terlebih dahulu dengan menggunakan perintah import java.net.*. Pada
aplikasi ini juga terdapat perintah untuk meminta masukkan dari user, maka
untuk menggunakan perintah yang berhubungan dengan input-output, maka
package java.io.* di-import terlebih dahulu. Aplikasi ini di-compile terlebih
dahulu. Kemudian akan menunggu pesan dan koneksi dari program client.
Jika client berhasil mengirimkan pesannya, kemudian server akan
mencetak pesan, lalu server akan langsung menutup koneksi dan program
akan berhenti. Pesan yang akan dicetak adalah kata kunci “salam” yang disimpan
pada variabel “line”, jika pesan yang dikirim sesuai, maka program pada client akan
mencetak “salam juga”, tetapi jika tidak sesuai maka program pada client akan
mencetak “Maaf, saya tidak mengerti”.
Listing Program "simpleClient.java"
Logika Program "simpleClient.java"
Program
ini berfungsi sebagai client. Untuk bisa menggunakan method yang
berhubungan dengan jaringan (network), maka library untuk network di-import terlebih
dahulu dengan menggunakan perintah import java.net.*. Pada aplikasi ini
juga terdapat perintah untuk meminta masukkan dari user, maka untuk
menggunakan perintah yang berhubungan dengan input-output, maka package java.io.*
di-import terlebih dahulu. Aplikasi ini di-compile setelah server dan
pastikan server sedang berjalan. Program ini akan meminta kata kunci
yang telah ditetapkan pada program client. Kemudia akan mencetak “Dari server:”
diikuti dengan “salam juga” maupun “Maaf, saya tidak mengerti”, tergantung dari
masukkan dari user. Jika pesan dari server sudah dicetak, maka
koneksi akan terputus dan program akan terhenti.
Output Program
Output Program
Pada Client
Pada Server
Tidak ada komentar:
Posting Komentar