Translator

Selasa, 18 November 2014

Tugas 5 Softskill tentang Cloud Computing dan Contoh Aplikasinya

 1.     Pengertian Cloud Computing

Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan  Internet ('awan'). Awan adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna.

 2.     Karakteristik Cloud Computing
                        I.          Resource Pooling
Sumber daya komputasi (storage, CPU, memory, network bandwidth, dsb.) yang dikumpulkan oleh penyedia layanan (service provider) untuk memenuhi kebutuhan banyak pelanggan (service consumers) dengan model multi-tenant. Sumber daya komputasi ini bisa berupa sumber daya fisik ataupun virtual dan juga bisa dipakai secara dinamis oleh para pelanggan untuk mencukupi kebutuhannya.
                     II.          Broad Network Access
Kapabilitas layanan dari cloud provider tersedia lewat jaringan dan bisa diakses oleh berbagai jenis perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, workstation, dsb.
                       III.      Measured Service
Tersedia layanan untuk mengoptimasi dan memonitor layanan yang dipakai secara otomatis. Dengan monitoring sistem ini, kita bisa melihat berapa resources komputasi yang telah dipakai, seperti: bandwidth , storage, processing, jumlah pengguna aktif, dsb. Layanan monitoring ini sebagai bentuk transparansi antara cloud provider dan cloud consumer. 
                       IV.     Rapid Elasticity
Kapabilitas dari layanan cloud provider bisa dipakai oleh cloud consumer secara dinamis berdasarkan kebutuhan. Cloud consumer bisa menaikkan atau menurunkan kapasitas layanan. Kapasitas layanan yang disediakan ini biasanya tidak terbatas, dan service consumer bisa dengan bebas dan mudah memilih kapasitas yang diinginkan setiap saat.
                          V.     Self Service
Cloud Consumer bisa mengkonfigurasikan secara mandiri layanan yang ingin dipakai melalui sebuah sistem, tanpa perlu interaksi manusia dengan pihak cloud provider. Konfigurasi layanan yang dipilih ini harus tersedia segera dan saat itu juga secara otomatis.

 3.     Contoh Aplikasi Cloud Computing
              Menurut referensi yang telah saya baca, salesforce.com merupakan suatu layanan software CRM berbasis cloud yang bersifat disewakan. Jadi perusahaan pengguna tidak perlu mengimplementasikan CRM diperusahaannya. Lalu apa yang dimaksud dengan CRM? CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. CRM sendiri merupakan suatu sistem informasi perusahaan yang diterapkan untuk menejemen hubungan pelanggan di suatu perusahaan. Dengan CRM, perusahaan berorientasi pada pemenuhan kepuasan pelanggan terhadap produk dari perusahaan tersebut. Contoh dari komponen CRM yaitu callcenter, sales force, technical support, marketing, dan lain-lain.

           Lalu apa gunanya suatu perusahaan menggunakan CRM dan apa keuntunganya? Dengan menggunakan CRM maka suatu perusahaan dapat meneliti/manganalisa kebiasaan pelanggannya, yang nantinya data yang didapat bisa dianalisa agar pelanggan tersebut merasa puas dengan layanan/produk dari perusahaan tersebut. Selain itu denganadanya customer-service/call-center maka perusahaan juga bisa memuaskan pelanggannya dengan pelayan atas produk yang telah ada ditangan pelanggan dari perusahaan tersebut. Dengan CRM pula, perusahaan dapat men-tracking para pelanggannya dan mengusahakan untuk tetap dapat mempertahankan pelanggan tersebut.Setelah mengetahui gambaran dari CRM, dapat disimpulakan CRM berfungsi untuk memuaskan pelanggan. Dan seperti yang telah dijelaskan diatas, salah satu penyedia jenis software dari CRM adalah SalesForce.com. Layanan/produk dari salesforce.com antaralain adalah sales cloud, service cloud, chater, force.com platform, radian 6, dan lain-lain.


            Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan pembeca tentang Cloud Computing dan contoh aplikasinya Jika terdapat kesalahan informasi dari artikel ini mohon dimaklumi karena saya menulis sambil belajar.

Sumber buku dari E-book www.cloudindonesia.or.id/pengantar-cloud-computing.html
   id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar