Translator

Sabtu, 14 Maret 2015

Tugas Soskill 1 (Web) dan 2 (Jaringan Internet)

Nama : Kris Ambar Maryono
Kelas : 2IA18
NPM : 54413863

WEBSITE
1.  Pengertian Web atau Website
Web adalah adalah suatu halaman web yang saling berhubungan dan berada pada platform yang sama dengan berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan maupun kelompok yang bertujuan sebagai pemberi ataupun penyalur infromasi bagi pembacanya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan di web server yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun LAN melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

2.  Sejarah Website
Penemu situs web pertama kali ditemukan oleh sebuah tim yang terdiri dari Sir Timothy John dan Berners Lee pada tahun 1991 dengan cara menyambungkan situs web dengan jaringan.  Pada tanggal 30 April 1993, CERn (tempt dimana tim tersebut bekerja) mengumumkan bahwa WWW (World Wide Web ) dapat digunakan secara gratis oleh publik. Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP.

3.  Jenis-Jenis Situs Website
Secara umum website digolongkan menjadi tiga jenis antara lain :
A.    Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari situs tersebut.
B.     Website Dinamis adalah website yang secara terstuktur diperuntukkan untuk memperbarui situs tanpa adanya halangan jumlah dan waktu pembaruan. Biasnya selain bisa diakses oleh user juga disediakan halaman  back end untuk memprbarui konten dalam web.
C.     Wensite Interaktif adalah website yang dapat memanjakan user dengan interaksi dan beradu argumen mengenai apa yang ada dalam pemikiran mereka.

4.  Unsur Penunjang dalam Website
Untuk membangun website yang berkualitas dan berisi diperlukan unsur-unsur yang menunjang website tersebut.
Diantaranya unsur-unsur tersebut yaitu :
A.    Nama Domain
Domain name atau URL adalah suatu alamat di dunia internet yang berfungsi untuk mencari dan mengenali suatu situs yang dikunjungi oleh user.
B.     Web Hosting adalah ruangan yang terdaoat dalam harddisk untuk menyimpan segala jenis file yang akan ditampilka dalam sebuah web. Besarnya data yang dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa mauoun dijual.
C.     Bahasa Pemrograman adalah bagian dasar yang menunjukkan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan perintah dalam website saat diakses seseorang. Jenis bahasa pemrograman sangat menentukan statis, dinamis, maupun interaktifnya sebuah website.
D.    Desain Website akan menentukan kualitas dan estetika suatu website. Desain sangat berpengaruh pada penilaian pengunjung serta mempengaruhi kenyamanan konsumen.
E.     Publikasi Website merupakan suatu nilai kegunaannya untuk konsumen . Karena efktifnya sebuah website bergantung dari besarnya pengunjung dan komentar dari pengunjung.

5.  Manfaat Aplikasi Website
Latar belakang pembuatan website yang dilakukan oleh web server akan memberikan manfaat bagi penggunanya.
Manfaat dalam aplikasi web antara lain :
A.    Dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun
Di era baru aplikasi web, email dan semua data saya disimpan secara daring di web. Saya bisa menjangkaunya di peramban web dari komputer manapun yang tersambung ke Internet.
B.     Selalu mendapatkan versi terbaru dari aplikasi
Aplikasi web melakukan pembaruan secara otomatis, jadi selalu hanya ada satu versi: versi terbaru dengan semua fitur dan penyempurnaan terbaru. 
C.     Aplikasi dapat berjalan pada perangkat yang dilengkapi dengan perambahan website
Web adalah platform terbuka. Siapa saja dapat menjangkaunya dari peramban di perangkat manapun yang tersambung ke web, baik itu komputer desktop, laptop, atau telepon seluler.
D.    Lebih aman
Alikasi web berjalan di peramban dan saya tidak pernah harus mengunduhnya ke komputer. Karena pemisahan antara kode aplikasi dan kode komputer ini, aplikasi web tidak dapat mengganggu tugas lainnya di komputer atau kinerja mesin secara keseluruhan.

6.  Jenis Domain
Domain adalah adalah alamat sebuah situs web, sebenarnya alamat dari situs-situs yang eksis di Internet ini bentuk dasarnya berupa angka-angka, contohnya 17.125.135.147 bila angka ini diketik di addres bar di penejelajah web maka akan terbuka situs web Google. Domain menggunakan kata-kata bertujuan supaya penggunaannya lebih mudah diingat daripada harus menghafal urutan angka-angka yang panjang. Oleh sebab itu, para ahli Internet membuat sistem penamaan domain dalam bentuk kata untuk pengganti urutan angka-angka tersebut. Bagian domain yaitu nama domain dan ekstensi yang digunakan.

Jenis-jenis domain antara lain :
A.    GTLD (Generic Top Level Domain) misalnya : .com, .net, .org, dll
B.     ccTLD’s misalnya : .co.id, .org.id, .web.id, dll




Jaringan Internet

1.  Pengertian Jaringan Internet

Jaringan adalah sbuah sistem yang terdiri atas komponen pendukung dengan desain tertentu agar dapat mengakses informasi, dapat berbagi sumber daya, dan berkomunikasi stu sama lain. Sedangkan, internet adalah adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global  Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (untuk melayani penggunanya. Jadi, jaringan internet adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras.

2.  Sejarah Jaringan Internet
Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department of Defense USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan riset militer, terutama untuk membangun jaringan komunikasi komputer yang mampu bertahan terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin banyak komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak juga berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford University dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi sebuah paper di IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for Packet Network Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai protokol TCP/IP, ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard untuk ARPANET pada tahun 1983.
 Pihak universitas terutama University of California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET, dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk. Jadi, berkembangnya jaringan internet sebanding dengan perkembangna internet.

3.  Protokol pada Jaringan Internet
A.  TCP Packet adalah suatu protokol yang berada di lapisa transpor yangberorintasi sambungan dan dapat diandalkan.
B.  UDP Packet adalah suatu lapisan protokol transport TCP/IP yang mendukung komunikasi tidak handal, tanpa koneksi anatr host dalam jringan yang menggunakan TCP/IP.
C.  ICMP Packet adalah suatu protokol yanng digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan bahwa komputer tidak dapat dijangkau.



4.  Jenis Jaringan Internet

A.   Jaringan Berdasarkan Hubungan fungsional

1.      Jaringan Feer-to-Feer
Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan utama (server). Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak.

Contohnya dalam file antar komputer di jaringan windown network neighbourhood ada lima komputer yaitu A, B, C, D, E yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama mahasiswa.doc dan juga memberi akses file soal.doc kepada C. Saat A mengakses B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A sebagai server. Kedua fungsi tersebut dilakukan secara bersaaan oleh A dan itu dinamakana peer to peer.

2.      Jaringan Client Server
Pada jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer, sepertikomunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat lunak serta mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer lain selain server disebut client.

Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server atau bisa juga banyak layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya server gunadarma.ac.id yang merupakan satu komputer dengan mutli service yaitu mail service, web server, database server, dll.


B.   Jaringan Berdasarkan Area Jaringan

1.      Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (area lokal). Tipe jaringan ini banyak dipakai pada gedung perkantoran, warnet, Lab komputer sekolah, rental komputer,dsb.
Contohnya adalah Ethernet LAN, dimana 10 PC dan 1 Printer terhubung ke 1 Hub sebagai pembentuk LAN. 10 PC tersebut kemudian bisa melakukan sharing file diantara mereka, dan juga sharing penggunaan 1 Printer tadi. Dengan LAN, biaya kebutuhan perangkat bisa lebih ditekan (daripada 10 Printer untuk 10 PC, lebih murah 1 Printer + 1 LAN untuk 10 PC.


2.      Metropolitan Area Network (MAN)
merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup yang cukup jauh. Tipe inidigunakan untuk membangun jaringan komputer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada pada jangkauannya. Jaringan in biasanya digunakan oleh perusahaanperusahaan besar seperti perbankan, BUMN, dll.

Hotspot graha taruna mencakup LAN taruna 1 LAN taruna 2 LAN taruna 3 cakupannya sehingga memungkinkan untuk memudahkan pengawasan oleh para pengasuh untuk membatasi penggunaan jaringan internet seluruh lokasi di taruna di masing-masing datasemen.

3.      Wide Area Network (WAN)
Jaringan ini merupakan jaringan yang terbesar karena mencakup radius antar negara bahkan benua tanpa batasan geografis seperti jaringan lain. Dalam beberapa hal, WAN dapat dikatakan Internet. Misalnya penggunaan di kepolisian dengan jaringan yang dirancang untuk menghubungkn beberapa komputer dengan jarak yang jauh misalnya pemasangan kamera pemantau di setiap persimpangan yang dapat dikendalikan dengan RTMC dan untuk mengetahui arus lalu lintas menggunakan sistem ATM.





C.   Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya      
1.      Jaringan Berkabel    
Adalah jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan. Misalnya Dengan memanfaatkan kabel FiberOptic sebagai sarana koneksi, dari mesin ES/1 ditarik beberapa buah kabel. Dari kabel-kabel tersebut, ada yang berfungsi untuk kabel utama, namun ada juga yang digunakan untuk kabel cadangan. Kabel-kabel tersebut kemudian dihubungkan ke hub utama (menggunakan converter FO). Dari hub utama, untuk menghubungkan dengan gedung lain (yang melewati outdoor space), digunakanlah kabel FO. Jadi hubungan dari mesin ES/1 ke hub ke gedung lain dilewatkan adapter di main hub.


2.      Jaringan Nirkabel
Adalah jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan. Misalnya sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP) dan World Wide Web (WWW).



Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
id.wikipedia.org/wiki/internet
MADCOMS. 2013. Cepat & Mudah Membangun Sistem Jaringan Komputer. Madiun: Penerbit ANDI.
E-Book Kuliah Umum IlmuKomputer.com
www.20thingsilearned.com/in-ID/web-apps/1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar