Kelas : 2IA18
NPM : 54413863
WEBSITE
1. Pengertian Web atau Website
Web adalah adalah suatu halaman web yang
saling berhubungan dan berada pada platform yang sama dengan berisikan kumpulan
informasi yang disediakan secara perorangan maupun kelompok yang bertujuan
sebagai pemberi ataupun penyalur infromasi bagi pembacanya. Sebuah situs web biasanya
ditempatkan di web server yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun LAN melalui alamat
Internet yang dikenali sebagai URL.
Penemu
situs web pertama kali ditemukan oleh sebuah tim yang terdiri dari Sir Timothy
John dan Berners Lee pada tahun 1991 dengan cara menyambungkan situs web dengan
jaringan. Pada tanggal 30 April
1993, CERn
(tempt dimana tim tersebut bekerja) mengumumkan
bahwa WWW (World Wide Web ) dapat digunakan secara gratis oleh
publik. Situs web biasanya ditempatkan pada server
web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat
lunak khusus untuk menangani pengaturan nama,
serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP.
3. Jenis-Jenis Situs
Website
Secara umum website
digolongkan menjadi tiga jenis antara lain :
A. Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak
berubah. Artinya untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara
manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari situs tersebut.
B. Website
Dinamis adalah website yang secara terstuktur diperuntukkan untuk memperbarui
situs tanpa adanya halangan jumlah dan waktu pembaruan. Biasnya selain bisa
diakses oleh user juga disediakan halaman
back end untuk memprbarui konten dalam web.
C. Wensite
Interaktif adalah website yang dapat memanjakan user dengan interaksi dan
beradu argumen mengenai apa yang ada dalam pemikiran mereka.
4. Unsur Penunjang dalam Website
Untuk membangun website yang berkualitas
dan berisi diperlukan unsur-unsur yang menunjang website tersebut.
Diantaranya unsur-unsur tersebut yaitu :
A. Nama
Domain
Domain name atau URL adalah suatu alamat
di dunia internet yang berfungsi untuk mencari dan mengenali suatu situs yang
dikunjungi oleh user.
B. Web
Hosting adalah ruangan yang terdaoat dalam harddisk untuk menyimpan segala
jenis file yang akan ditampilka dalam sebuah web. Besarnya data yang dimasukkan
tergantung dari besarnya web hosting yang disewa mauoun dijual.
C. Bahasa
Pemrograman adalah bagian dasar yang menunjukkan bahasa yang digunakan untuk
menerjemahkan perintah dalam website saat diakses seseorang. Jenis bahasa
pemrograman sangat menentukan statis, dinamis, maupun interaktifnya sebuah
website.
D. Desain
Website akan menentukan kualitas dan estetika suatu website. Desain sangat
berpengaruh pada penilaian pengunjung serta mempengaruhi kenyamanan konsumen.
E. Publikasi
Website merupakan suatu nilai kegunaannya untuk konsumen . Karena efktifnya
sebuah website bergantung dari besarnya pengunjung dan komentar dari
pengunjung.
5. Manfaat Aplikasi Website
Latar belakang pembuatan website yang
dilakukan oleh web server akan memberikan manfaat bagi penggunanya.
Manfaat dalam aplikasi web antara lain :
A. Dapat
mengakses data kapanpun dan dimanapun
Di era baru aplikasi web,
email dan semua data saya disimpan secara daring di web. Saya bisa
menjangkaunya di peramban web dari komputer manapun yang tersambung ke
Internet.
B. Selalu mendapatkan versi terbaru dari aplikasi
Aplikasi web melakukan
pembaruan secara otomatis, jadi selalu hanya ada satu versi: versi terbaru
dengan semua fitur dan penyempurnaan terbaru.
C.
Aplikasi dapat berjalan pada perangkat yang dilengkapi dengan
perambahan website
Web adalah platform terbuka. Siapa saja
dapat menjangkaunya dari peramban di perangkat manapun yang tersambung ke web,
baik itu komputer desktop, laptop, atau telepon seluler.
D. Lebih
aman
Alikasi web berjalan di
peramban dan saya tidak pernah harus mengunduhnya ke komputer. Karena pemisahan
antara kode aplikasi dan kode komputer ini, aplikasi web tidak dapat mengganggu
tugas lainnya di komputer atau kinerja mesin secara keseluruhan.
Domain
adalah adalah alamat sebuah situs web, sebenarnya alamat dari situs-situs yang
eksis di Internet ini bentuk dasarnya berupa angka-angka, contohnya
17.125.135.147 bila angka ini diketik di addres bar di penejelajah web maka
akan terbuka situs web Google. Domain menggunakan kata-kata bertujuan supaya
penggunaannya lebih mudah diingat daripada harus menghafal urutan angka-angka
yang panjang. Oleh sebab itu, para ahli Internet membuat sistem penamaan domain
dalam bentuk kata untuk pengganti urutan angka-angka tersebut. Bagian domain
yaitu nama domain dan ekstensi yang digunakan.
Jenis-jenis domain antara lain :
A. GTLD
(Generic Top Level Domain) misalnya : .com, .net, .org, dll
B. ccTLD’s
misalnya : .co.id, .org.id, .web.id, dll
Jaringan
Internet
1. Pengertian Jaringan Internet
2. Sejarah Jaringan Internet
Internet
dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department of Defense
USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET
(Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk menghubungkan
beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan riset militer,
terutama untuk membangun jaringan komunikasi komputer yang mampu bertahan
terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin banyak
komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak juga
berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford University
dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi sebuah paper di
IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for Packet Network
Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai protokol TCP/IP,
ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard untuk ARPANET
pada tahun 1983.
Pihak universitas terutama University of
California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software
Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak
departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk
meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET,
dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk. Jadi, berkembangnya
jaringan internet sebanding dengan perkembangna internet.
3. Protokol pada Jaringan Internet
A. TCP
Packet adalah suatu protokol yang berada di lapisa transpor yangberorintasi
sambungan dan dapat diandalkan.
B. UDP
Packet adalah suatu lapisan protokol transport TCP/IP yang mendukung komunikasi
tidak handal, tanpa koneksi anatr host dalam jringan yang menggunakan TCP/IP.
C. ICMP
Packet adalah suatu protokol yanng digunakan oleh sistem operasi komputer
jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan bahwa komputer tidak
dapat dijangkau.
4. Jenis Jaringan Internet
A. Jaringan Berdasarkan Hubungan fungsional
1.
Jaringan Feer-to-Feer
Kedudukan
setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer
yang menjadi pelayan utama (server). Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat
saling berkomunikasi dan berbagi penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak.
Contohnya
dalam file antar komputer di jaringan windown network neighbourhood ada lima
komputer yaitu A, B, C, D, E yang memberi hak akses terhadap file yang
dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama mahasiswa.doc
dan juga memberi akses file soal.doc kepada C. Saat A mengakses B maka A
berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A sebagai
server. Kedua fungsi tersebut dilakukan secara bersaaan oleh A dan itu
dinamakana peer to peer.
2. Jaringan
Client Server
Pada
jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas
yang tersedia dalam jaringan komputer, sepertikomunikasi, penggunaan bersama
perangkat keras dan perangkat lunak serta mengontrol jaringan. Komputer ini
dinamakan server. Semua komputer lain selain server disebut client.
Contohnya
adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak
komputer web server atau bisa juga banyak layanan yang diberikan oleh satu
komputer. Contohnya server gunadarma.ac.id yang merupakan satu komputer dengan
mutli service yaitu mail service, web server, database server, dll.
B. Jaringan
Berdasarkan Area Jaringan
1. Local
Area Network (LAN)
LAN
merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (area lokal). Tipe
jaringan ini banyak dipakai pada gedung perkantoran, warnet, Lab komputer
sekolah, rental komputer,dsb.
Contohnya
adalah Ethernet LAN, dimana 10 PC dan 1 Printer terhubung ke 1 Hub sebagai
pembentuk LAN. 10 PC tersebut kemudian bisa melakukan sharing file diantara
mereka, dan juga sharing penggunaan 1 Printer tadi. Dengan LAN, biaya kebutuhan
perangkat bisa lebih ditekan (daripada 10 Printer untuk 10 PC, lebih murah 1
Printer + 1 LAN untuk 10 PC.
2. Metropolitan
Area Network (MAN)
merupakan
jaringan komputer dengan ruang lingkup yang cukup jauh. Tipe inidigunakan untuk
membangun jaringan komputer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang
berada pada jangkauannya. Jaringan in biasanya digunakan oleh perusahaanperusahaan
besar seperti perbankan, BUMN, dll.
Hotspot
graha taruna mencakup LAN taruna 1 LAN taruna 2 LAN taruna 3 cakupannya
sehingga memungkinkan untuk memudahkan pengawasan oleh para pengasuh untuk
membatasi penggunaan jaringan internet seluruh lokasi di taruna di
masing-masing datasemen.
3. Wide Area
Network (WAN)
Jaringan ini merupakan jaringan yang terbesar karena mencakup radius
antar negara bahkan benua tanpa batasan geografis seperti jaringan lain. Dalam
beberapa hal, WAN dapat dikatakan Internet. Misalnya penggunaan
di kepolisian dengan jaringan yang dirancang untuk menghubungkn beberapa
komputer dengan jarak yang jauh misalnya pemasangan kamera pemantau di setiap
persimpangan yang dapat dikendalikan dengan RTMC dan untuk mengetahui arus lalu
lintas menggunakan sistem ATM.
C.
Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya
1. Jaringan
Berkabel
Adalah jaringan
yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan. Misalnya Dengan
memanfaatkan kabel FiberOptic sebagai sarana koneksi, dari mesin ES/1 ditarik
beberapa buah kabel. Dari kabel-kabel tersebut, ada yang berfungsi untuk kabel
utama, namun ada juga yang digunakan untuk kabel cadangan. Kabel-kabel tersebut
kemudian dihubungkan ke hub utama (menggunakan converter FO). Dari hub utama,
untuk menghubungkan dengan gedung lain (yang melewati outdoor space),
digunakanlah kabel FO. Jadi hubungan dari mesin ES/1 ke hub ke gedung lain
dilewatkan adapter di main hub.
2. Jaringan
Nirkabel
Adalah jaringan
yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan. Misalnya sistem
GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang
berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP)
dan World Wide Web (WWW).
Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
id.wikipedia.org/wiki/internet
MADCOMS. 2013. Cepat & Mudah Membangun Sistem Jaringan Komputer. Madiun: Penerbit ANDI.
E-Book Kuliah Umum IlmuKomputer.com
www.20thingsilearned.com/in-ID/web-apps/1
Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
id.wikipedia.org/wiki/internet
MADCOMS. 2013. Cepat & Mudah Membangun Sistem Jaringan Komputer. Madiun: Penerbit ANDI.
E-Book Kuliah Umum IlmuKomputer.com
www.20thingsilearned.com/in-ID/web-apps/1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar